Pengertian
Artificial Intelligence (AI) atau Kecerdasan Buatan
Artificial
Intelligence (AI) atau Kecerdasan Buatan adalah salah satu bagian dari ilmu komputer
yang membuat mesin (komputer) dapat melakukan pekerjaan seperti manusia dan
komputer dimungkinkan untuk dapat berfikir. Salah satu unsur yang berperan
penting dalam sebuah game adalah kecerdasan buatan. Dengan kecerdasan buatan,
elemen-elemen dalam game dapat berperilaku sealami mungkin layaknya
manusia.
Dan berikut
pengertian menurut beberapa Ahli :
• H. A. Simon [1987] :
“ Kecerdasan buatan (artificial intelligence) merupakan kawasan penelitian, aplikasi dan instruksi yang terkait dengan pemrograman komputer untuk melakukan sesuatu hal yang -dalam pandangan manusia adalah- cerdas”
• Rich and Knight [1991]:
“Kecerdasan Buatan (AI) merupakan sebuah studi tentang bagaimana membuat komputer melakukan hal-hal yang pada saat ini dapat dilakukan lebih baik oleh manusia.”
• Encyclopedia Britannica:
“Kecerdasan Buatan (AI) merupakan cabang dari ilmu komputer yang dalam merepresentasi pengetahuan lebih banyak menggunakan bentuk simbol-simbol daripada bilangan, dan memproses informasi berdasarkan metode heuristic atau dengan berdasarkan sejumlah aturan.”
• Rich and Knight [1991]:
“Kecerdasan Buatan (AI) merupakan sebuah studi tentang bagaimana membuat komputer melakukan hal-hal yang pada saat ini dapat
dilakukan lebih baik oleh manusia.”
• Encyclopedia Britannica:
“Kecerdasan Buatan (AI) merupakan cabang dari ilmu komputer yang dalam merepresentasi pengetahuan lebih banyak menggunakan bentuk simbol-simbol daripada bilangan, dan memproses informasi berdasarkan metode heuristic atau dengan berdasarkan sejumlah aturan”
• H. A. Simon [1987] :
“ Kecerdasan buatan (artificial intelligence) merupakan kawasan penelitian, aplikasi dan instruksi yang terkait dengan pemrograman komputer untuk melakukan sesuatu hal yang -dalam pandangan manusia adalah- cerdas”
• Rich and Knight [1991]:
“Kecerdasan Buatan (AI) merupakan sebuah studi tentang bagaimana membuat komputer melakukan hal-hal yang pada saat ini dapat dilakukan lebih baik oleh manusia.”
• Encyclopedia Britannica:
“Kecerdasan Buatan (AI) merupakan cabang dari ilmu komputer yang dalam merepresentasi pengetahuan lebih banyak menggunakan bentuk simbol-simbol daripada bilangan, dan memproses informasi berdasarkan metode heuristic atau dengan berdasarkan sejumlah aturan.”
• Rich and Knight [1991]:
“Kecerdasan Buatan (AI) merupakan sebuah studi tentang bagaimana membuat komputer melakukan hal-hal yang pada saat ini dapat
dilakukan lebih baik oleh manusia.”
• Encyclopedia Britannica:
“Kecerdasan Buatan (AI) merupakan cabang dari ilmu komputer yang dalam merepresentasi pengetahuan lebih banyak menggunakan bentuk simbol-simbol daripada bilangan, dan memproses informasi berdasarkan metode heuristic atau dengan berdasarkan sejumlah aturan”
Tujuan dari
kecerdasan buatan menurut Winston dan Prendergast (1984):
1.
Membuat mesin menjadi lebih pintar (tujuan utama)
2.
Memahami apa itu kecerdasan (tujuan ilmiah)
3.
Membuat mesin menjadi lebih bermanfaat (tujuan entrepreneurial)
Artificial
Intelligence (AI) atau Kecerdasan Buatan Pada Game
Game
AI adalah aplikasi untuk memodelkan karakter yang terlibat dalam permainan baik
sebagai lawan, ataupun karakter pendukung yang merupakan bagian dari permainan
tetapi tidak ikut bermain (NPC = Non Playable Character). Peranan kecerdasan
buatan dalam hal interaksi pemain dengan permainan adalah pada penggunaan
interaksi yang bersifat alami yaitu yang biasa digunakan menusia untuk
berinteraksi dengan sesama manusia. Contoh media interaksi ialah:
·
Penglihatan
(vision)
·
Suara
(voice), ucapan (speech)
·
Gerakan
anggota badan ( gesture)
Dalam
video game, kecerdasan buatan digunakan untuk menghasilkan perilaku cerdas terutama
dalam karakter non-pemain (NPC), sering simulasi kecerdasan manusia-seperti.
Teknik yang digunakan biasanya memanfaatkan metode yang ada dari bidang
kecerdasan buatan (AI). Namun, permainan istilah AI sering digunakan untuk
merujuk kepada serangkaian luas algoritma yang juga mencakup teknik dari teori
kontrol, robotika, komputer grafis dan ilmu komputer pada umumnya.
Orang-orang
mengeluh bahwa "AI" dalam istilah "permainan AI"
melebih-lebihkan nilainya, karena permainan AI bukan tentang kecerdasan melainkan
beberapa tujuan dari bidang akademik AI. Sedangkan "nyata" AI
membahas bidang pembelajaran mesin, pengambilan keputusan berdasarkan input
data sewenang-wenang, dan bahkan tujuan akhir dari AI kuat yang dapat alasan,
"permainan AI" sering terdiri dari setengah lusin aturan praktis,
atau heuristik yang hanya cukup untuk memberikan pengalaman gameplay yang baik.
Secara historis, akademis proyek game-AI telah relatif terpisah dari produk
komersial karena pendekatan akademis cenderung sederhana dan non-scalable.
Commercial permainan AI telah mengembangkan menetapkan sendiri alat, yang sudah
cukup untuk memberikan kinerja yang baik dalam banyak kasus.
Meningkatnya
kesadaran pengembang game AI akademik dan minat yang tumbuh dalam permainan
komputer oleh masyarakat akademik yang menyebabkan definisi apa yang dianggap
sebagai AI dalam game menjadi kurang istimewa. Namun demikian, perbedaan yang
signifikan antara domain aplikasi yang berbeda dari AI berarti bahwa permainan
AI masih dapat dilihat sebagai subfield berbeda AI. Secara khusus, kemampuan
untuk secara sah memecahkan beberapa masalah AI di game oleh kecurangan
menciptakan perbedaan penting. Misalnya, menyimpulkan posisi obyek tak terlihat
dari pengamatan masa lalu bisa menjadi masalah sulit ketika AI diterapkan untuk
robotika, tetapi dalam permainan komputer NPC hanya dapat mencari posisi di
permainan adegan grafik. kecurangan tersebut dapat menyebabkan perilaku yang
tidak realistis dan tidak selalu diinginkan. Tapi kemungkinan yang berfungsi
untuk membedakan permainan AI dan menyebabkan masalah baru untuk memecahkan,
seperti kapan dan bagaimana menggunakan kecurangan.
Keterbatasan
utama untuk AI yang kuat adalah kedalaman melekat berpikir dan kompleksitas
ekstrim dari proses pengambilan keputusan. Ini berarti bahwa meskipun akan maka
secara teoritis mungkin untuk membuat "pintar" AI, pengambilan
masalah akan mengambil keputusan pemrosesan yang cukup rumit.
Contoh Game Yang
Dibuat Menggunakan AI :
FPS (First Person
Shooter)
Game
First Person Shooter (fps) adalah salah satu jenis game (genre) yang digemari
menggunakan pandangan orang pertama di mana pemain seolah-olah menjadi karakter
utama dalam game yang berpusat pada permainan di sekitar senjata-senjata dan
peluru tempur. First Person Shooter
jenis 3D game shooter yang menampilkan orang pertama sudut pandang
dengan pemain yang melihat aksi melalui mata karakter permain. Tidak seperti
orang ketiga penembak yang terlihat dari bagian belakang atau samping, yang
memungkinkan gamer untuk melihat karakter mereka mengendalikan. Elemen desain
utama adalah pertempuran, terutama yang melibatkan senjata api. Orang jujur
pertama dapat dianggap sebagai genre yang berbeda dalam dirinya sendiri, atau
jenis permainan penembak, pada gilirannya sebuah subgenre yang lebih luas
permainan aksi genre. sebagai contoh pada game FPS yang terkenal adalah sebagai
berikut.
Counter-strike
merupakan game yang diakui paling keren oleh para gamer seperti pada survey
oleh salah satu forum IT Telkom. Dan yang perlu ketahui, game ini merupakan
modifikasi total dari game Half-Life. Game ini mengusung beberapa senjata yang
benar-benar ada di dunia nyata dan beberapa masih operasional di kesatuan
militer. Counter-strike membawa banyak perubahan yang sangat berarti pada
gameplay FPS multiplayer masa kini. Dibanding menggunakan metode “kill them
all” ala Quake atau Half-Life, Counter-strike menerapkan “team based” gameplay,
yang artinya setiap pemain harus bergerak secara tim dan mementingkan kerjasama
tim. Hal ini ternyata sangat disukai konsumen, moding Counter-strike meledak
dipasaran. Bahkan sampai saat ini Counter-strike dengan berbagai turunannya
masih menjadi game yang selalu hadir di kompetisi electronic sport di seluruh
dunia.
Referensi
:
http://www.eocommunity.com/Pengertian-Game-RTS-FPS-RPG-MMORPG-Hybrid-dan-3rd-Person-Shooter
http://kecerdasanbuatan-gaming.blogspot.sg/p/blog-page.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar