1. Hakikat ISD IBD
Secara garis besar ilmu dan pengetahuan dikelompokkan
menjadi tiga macam,yaitu:
a. Ilmu alamiah
(natural sciences)
b. Ilmu Sosial (social sciences)
c. Pengetahuan budaya
( the humanities)
ISBD mempunyai pokok yaitu hubungan timbale balik manusia
dengan lingkungannya.
Adapun sasaran atau objek kajian ISD adalah sebagai
berikut :
1. Masalah social
yang dapat ditanggapi
melalui pendekatan sebdiri
maupun pendekatan antar
bidang.
2. Keanekaragaman
golongan dan kesatuan social dalam masyarakat
Tujuan dari ISD
sendiri yaitu membantu
perkembangan wawasan pemikiran
dan
kepribadian mahasiswa agar memperoleh wawasan pemikiran yang
lebih luas.
Ilmu Budaya Dasar
(IBD) merupakan kelompok
ilmu dan pengetahuan
termasuk dalam
kelompok pengetahuan budaya.
Tujuan dari IBD adalah mengembangkan kepribadian mahasiswa
dengan cara memperluas
wawasan pemikiran dan kemampuan kritikal terhadap
masalah-masalah budaya.
2. Ruang Lingkup
ISD,IBD,dan ISBD
a. Ruang lingkup dari
ISD adalah sebagai berikut :
1.
Individu,keluarga,dan masyarakat.
2. Masyarakat kota
dandesa
3. Masalah
penduduk
4. Pelapisan social
5. Pemuda dan
sosialisasi
6. Ilmu
pengetahuan,teknologi,dan kemiskinan
b. Ruang lingkup yang
disajikan dari IBD adalah sebagai berikut
:
1. Manusia dan
pandangan hidup
2. Manusia dan
keindahan
3. manusia dan
keadilan
4. Manusia dan cinta
kasih
5. Manusia dan
tanggung jawab
6. Manusia dan
kegelisahan
7. Manusia dan
harapan
c. Sedangkan ruang
lingkup dari ISBD adala sebagai berikut
:
1. Pengantar ISBD
2. Manusia sebagai
makhluk budaya
3. Manusia dan
peradaban
4. Manusia sebagai
makhluk individu dan social
5.
Manusia,keragaman,dan kesejahteraan
6. Moralitas dan
hukum
7. Manusia,sains,dan
teknologi
8. Manusia dan
lingkungan
sumber: http://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&ved=0CB0QFjAA&url=http%3A%2F%2Fstkip.files.wordpress.com%2F2011%2F05%2Fisbd.pdf&ei=hYdyUKDlLYvMrQe-koDgBQ&usg=AFQjCNEanOqbbkrkS-7xmYEYi9hSynIzWw&sig2=lKe2eGAEEeS7hAELxO8VsQ
Tidak ada komentar:
Posting Komentar