Berkreasi dengan kertas


Saat ini kertas sudah menjadi suatu kebutuhan penting dalam kehidupan sehari-hari. Setiap hari pasti kita membutuhkan kertas untuk menulis, mencetak ataupun membungkus sesuatu. Dari aktivitas tersebut, tentu saja ada yang tidak terpakai yang akhirnya menjadi sampah. Sepertinya, sampah kertas ini memang terlihat tidak terlalu berat. Akan tetapi sampah ini seringkali kita temukan dirumah, perkantoran, percetakan, dan sekolah. Oleh karena itu, jelas terlihat bahwa yang namanya sampah pasti menimbulkan masalah yang dapat mangganggu kebersihan dan keindahan lingkungan karena berserakan dimana-mana.
Padahal, sesungguhnya sampah kertas tersebut masih dapat dimanfaatkan kembali dengan cara di daur ulang menjadi kertas layak pakai yang memiliki nilai seni. Bahkan, dari hasil pembuatan kertas daur ulang tersebut dapat dibuat sesuatu benda baru yang tentunya memiliki nilai seni, seperti : tempat foto, tempat pinsil, dan aneka kreasi lainnya yang dapat dibuat sesuai dengan kreativitas seseorang. Berikut ada beberapa kreasi dengan menggunakan kertas





Cara Membuat Kertas Daur Ulang



Cara Membuat Kertas – Kertas menjadi media yang penting sebagai alas saat menulis, membaca, menggambar, bahkan melakukan kerajinan tangan dari kertas. Kertas seperti yang kita ketahui terbuat dari pohon yang sudah dipilah dan diolah. Maka dari itu semakin banyak kertas kita buang begitu saja, semakin banyak pula pohon yang harus ditebang untuk membuat kertas. Padahal jika anda lebih jeli lagi, kertas atau koran bekas bisa menjadi sumber penghasilan dan mendukung gerakan “Go Green”.
Mungkin selama ini anda seringkali membuang kertas dan korang bekas, bahkan membakarnya sehingga mengakibatkan udara menjadi kotor. Hal tersebut jika dilakukan terus menerus akan merusak lapisan ozon dan membuat udara tidak sehat untuk manusia, hewan dan juga tumbuhan. Sebagai manusia yang bijak, mulailah dari sekarang untuk memperhatikan barang-barang bekas di sekitar kita, sebab masih bisa di daur ulang dan menjadi sumber penghasilan. Anda tidak perlu bingung jika memiliki kertas atau koran bekas, karena sudah banyak Cara Membuat Kertas daur ulang sesuai dengan kreativitas anda masing-masing. Selain melindungi bumi agar tetap hijau, juga semakin mengasah kemampuan kreativitas pada diri anda.
Cara Membuat Kertas

Tidak ada salahnya jika anda meluangkan waktu untuk mengasah kreativitas dengan membuat kertas daur ulang. Anda bisa menghasilkan penghasilan baru atau hanya untuk menjadikan hiasan dirumah anda menggunakan kertas-kertas bekas yang sudah tidak terpakai. Untuk membantu anda, di bawah ini kami akan memberikan langkah cara membuat kertas daur ulang, sebagai berikut:
Bahan:
   Kertas atau koran bekas
    Air
    Lem kayu
    Zat pewarna (zat pewarna alami lebih baik dibandingkan dengan zat pewarna buatan)
Alat yang Dibutuhkan:
   Screen sablon atau bingkai kayu yang dilapisi kain kasa dengan ukuran sesuai keinginan anda
   Blender
   Papan atau triplek
   Gunting
   Kain
    Ember
Cara Membuat Kertas Daur Ulang:
1. Gunting kertas bekas menjadi beberapa bagian kecil agar mudah diurai dan rendam dalam ember selama satu hari satu malam.
2. Blender kertas dengan perbandingan 3 untuk air dan 1 untuk kertas, blender hingga menjadi pulp (bubuk kertas).
3. Masukan pulp ke dalam ember yang sudah diisi air seperempat dari ember tersebut.
4. Tambahkan zat pewarna secukupnya.
5.  Larutkan sedikit lem kayu, sekitar satu atau dua sendok makan, kemudian aduk bersama rendaman pulp hingga rata.
6.  Siapkan papan atau triplek yang sudah dilapisi dengan kain kasa. Basahi papan tersebut dengan sedikit air.
7.  Masukan screen ke dalam ember, saring pulp hingga airnya surut dan ratakan pada screen, usahakan jangan terlalu tebal.
8. Letakkan screen secara terbalik diatas papan. Gosok screen menggunakan kain kasa tersebut secara perlahan hingga pulp terlepas dan menempel pada papan.
9.  Tutup pulp yang sudah menempel diatas papan menggunakan kain yang sudah dibasahi air.
10. Diamkan selama satu jam hingga kandungan air berkurang. Kemudian jemur dibawah terik matahari. Hal yang perlu diingat adalah jemur bersama kainnya.
11.  Setelah benar-benar kering, buka kain tersebut secara hati-hati. Untuk hasil yang lebih rapi, bisa disetrika sebelum dibentuk.
12.  Kertas daur ulang yang sudah jadi bisa langsung dibentuk sesuai dengan keinginan anda.

        
Cara Membuat Kertas daur ulang seperti diatas sangat mudah dan praktis. Dengan melakukan hal diatas, selain dapat mengasah kreativitas juga menjaga agar bumi kita tetap hijau dan penebangan pohon semakin berkurang.


cara membuat keranjang dari kertas koran 


alat dan bahan :
  •  kertas koran 
  • lem
  • kawat
  • cat
  • gunting 
  • cutter
  • meteran
  • tang 
  • palu
  • alat pendukung lainnya
cara membuat :
  1. potong kertas koran sesuai kebutuhan
  2. satu lembar koran biasa nya di bagi menjadi 6 atau 8 bagian
  3. setelah itu di plintir atau di lipat sesuai keinginan
  4. menggulung kawat sebesar kertas sesuai keinginan
  5. setelah itu di anyam sesuai keinginan atau sama seperti teknik jaitan
  6. rangkain nya di pakai kawat steinless yang juga di lapisi koran
  7. di tiap akhir anyaman,untuk menguatkan ikatan ujung nya hanya memakai teknik selap selip tiap anyaman setiap akhir tanpa harus di ikat
  8. di beri cat sesuai yang di inginkan
  9. tambahkan accesoris untuk mempercantik 




Unknown

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram