TIPS-TIPS AGAR MATA SEHAT MESKI SERING BERKERJA DI DEPAN LAYAR KOMPUTER






Hallo......... Saat ini saya ingin memberikan tips-tips untuk agar mata sehat meskipun kita sering di depan layar komputer. Tips-tips ini saya ambil dari berbagai referensi yang ada. Perkerjaan atau tugas yang sering membuata kita sering di depan layar komputer sampai-sampai jika sudah terlanjut duduk di depan layar komputer sambil melakukan tugas lain-lain seperti main game, main sosial media, surfing internet yang menghabiskan waktu berjam-jam di depan layar komputer. Nah bagi yang sering di depan layar komputer harus berhati-hati karena terlalu lama di depan layar komputer berdampak buruk bagi kesehatan mata kita. Jadi beikut tips-tips agar mata kita tetap sehat :

Petama, Kurangi Kecerahan Layar Monitor.
Tingkat kenyamanan layar komputer berpengaruh pada kenyamanan mata. Agar mata tidak mengalami kelelahan. Cahaya yang terlalu terang mengakibatkan mata menjadi silau, dan pendahayaan yang terlalu gelap atau buram hanya membuat mata snda berkerja terlalu keras untuk melihatnya. Sooo.. sesuaikan kecerahan layar monitor agar kita melihat dengan nyaman.

Kedua, Atur Ketinggan Layar.
Pengaturan ketinggian layar komputer jangan terlalu tinggi dan jangan terlalu pendek karena menyebabkan sakit pada leher. Saran untuk user adalah 2 sampai 5 cm lebih rendah dari mata. Untuk mengurangi stress pada pada kornea. Kornea merupakan bagian mata yang vital jika terkena radiasi cahaya.

Ketiga, Istirahat Sejenak.
Jangan terus-terusan melototin layar komputer. Usahakan sediakan waktu beberapa menit untuk mengendorkan dan mengistirahatkan mata kita. Ini akan mengurangi kepenatan mata dan otot. Segarkan mata dengan cara memandang ke ruangan lain atau memandang indahnya langit biru atau tanaman hijau.

Keempat, Seringlah Mengedipkan Mata Demi Menghindari Mata Menjadi Kering.
Ketika sedang fokus untuk konsentrasi pada layar monitor, disadari atau tidak pasti kita akan jarang sekali berkedip. Jarang mengedipkan mata akan membuat mata menjadi kering. Karena itu sering-seringlah mengedipkan mata, karena dengan berkedip maka mata akan mengeluarkan air mata yang akan menyebar ke seluruh permukaan kornea untuk menjaga mata tetap lembab dan jernih. Menurut penelitian oleh para ilmuwan sesuai survei standar mata sehat adalah mata yang
berkedip tidak kurang dari 15.000 kali kedipan. Oleh karena itu, jika anda fokus di depan layar,
sebaiknya sempatkan waktu untuk mata berkedip. Mata yang berkedip akan memproduksi suatu cairan mata yang berfungsi mencegah mata kering.

Kelim, Konsumsi Vitamin A.
Vitamin A memiliki peran penting dalam kesehatan indera penglihatan manusia. Nah vitamin ini membantu menyalurkan objek yang diterima oleh retina mata ke otak sebagai sebuah gambar. Senyawa yang berperan dalam hal ini adalah retinol.
Dan banyak-banyak minum air putih dan sayuran ya. 

Sekian tips-tips mata sehat walau sering di depan layar komputer yaa, Semoga bermanfaat! 



Referensi :
http://manfaatbuahdaun.blogspot.sg/2014/01/manfaat-dan-fungsi-vitamin-bagi-tubuh.html
http://www.sheentin.com/kesehatan/cara-menjaga-kesehatan-mata-di-depan-komputer.html


Unknown

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram